Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah ini merupakan karya original dari penulis dan bebas dari unsur plagiasi. Berikan keterangan apabila bagian dari naskah artikel ini pernah dipublikasikan di seminar atau konferensi.
  • Naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN, kecuali dalam bentuk abstrak, bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan.
  • Naskah saat ini tidak sedang dalam proses editorial untuk publikasi di tempat lain.
  • Naskah merupakan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh individu atau kelompok di bawah lembaga atau pusat penelitian dan pengabdian atau institusi resmi lainnya.
  • Naskah telah memenuhi etika dan kaidah penulisan ilmiah secara umum, serta telah mengikuti panduan penulisan yang ditetapkan jurnal ini.

Author Guidelines

  1. Judul dalam Bahasa Indonesia, Time New Roman 12, Posisi di Tengah, Tegak, Max. 15 Kata, Bold, Spasi Satu, Huruf Kapital Setiap Awal Kata).

  2. Abstrak diketik dalam bahasa Indonesia menggunakan Times New Roman 10 yang terdiri dari 1 alinea, tidak boleh lebih dari 250 kata, tanpa menuliskan referensi. Pada abstrak ini tidak boleh menggunakan bentuk amtematis, pertanyaan dan dugaan. Abstrak berisi pendahuluan, tujuan, bahan dan metode, hasil penelitian, kesimpulan yang dibuat dalam 1 paragraf.

  3. Pendahuluan diketik dengan huruf Kapital, Posisi Ditengah, Tegak, Ditebalkan, Times New Roman 12, Spasi 1,5) dengan model 2 kolom dalam 1 halaman. Pendahuluan berisi urgensi dan latar belakang masalah penelitian yang diuraikan dengan metode piramida terbalik mulai dari tingkat global, nasional dan lokal. Pendahuluan berisi tinjauan latar belakang secara umum dan tinjauan literatur (state of the art), usahakan minimum 5 literatur yang dikupas yang dapat menjustifikasi kebaruan atau novelty atau keunikan penelitian ini dibandingkan penelitian sebelumnya (biasanya 2-3 paragraf). Bagian akhir pendahuluan harus mengemukakan tujuan penelitian. fenomenologi, etnografi, dan lain–lain, perlu menambahkan uraian mengenai pengecekan keabsahan hasil penelitian.

  4. Metode diketik dengan huruf Kapital, Posisi Ditengah, Tegak, Ditebalkan, Times New Roman 12, Spasi 1,5 dengan model 2 kolom dalam 1 halaman. Metode penelitian menjelaskan tentang: pendekatan, ruang lingkup atau objek, definisi operasional variable/deskripsi fokus penelitian, tempat, populasi dan sampel/informan, bahan dan alat utama, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. menjelaskan tentang jenis penelitian diantaranya jenis penelitian kuantitatif atau kualitatif. Penelitian kualitatif seperti studi kasus, Penelitian kuantitatif menjelaskan lokasi dan waktu penelitian, populasi dan sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data. Penelitian yang menggunakan alat dan bahan, perlu menuliskan spesifikasi alat dan bahan yang digunakan.

  5. Hasil diketik dengan huruf Kapital, Posisi Ditengah, Tegak, Ditebalkan, Times New Roman 12, Spasi 1,5) dengan model 2 kolom dalam 1 halaman. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Tabel dan gambar diberi nomor dan judul. Hasil analisis data dimaknai dengan benar.

  6. Pembahasan diketik dengan huruf Kapital, Posisi Ditengah, Tegak, Ditebalkan, Times New Roman 12, Spasi 1,5 dengan model 2 kolom dalam 1 halaman. Bagian pembahasan berisi alasan yang menjelaskan hasil penelitian dan penelitian lain yang mendukung dan tidak sejalan dengan hasil penelitian yang diperoleh. Pembahasan hasil bersifat argumentatif menyangkut relevansi antara hasil, teori, penelitian terdahulu dan fakta empiris yang ditemukan, serta menunjukkan kebaruan temuan. Pembahasan sebaiknya berisikan 80% berasal dari refrensi primer. Namun, hasil bisa dikelompokkan untuk diinterpretasikan dan dibahas berdasarkan teori dan hasil penelitian terdahulu. Penulisan menggunakan Times New Roman 11 point (tegak) dengan spasi 1,5. Tiap paragraf diawali dengan Indentasi 1 cm dan boleh menggunakan pengorganisasian penulisan ke dalam sub-headings untuk setiap variable, serta sub-headings di Bold dan pada awal kata menggunakan huruf capital.

  7. Simpulan diketik dengan huruf Kapital, Posisi Ditengah, Tegak, Ditebalkan, Times New Roman 12, Spasi 1,5 dengan model 2 kolom dalam 1 halaman. Simpulan berisi ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian.

  8. Ucapan terima kasih dapat diberikan kepada 1) pihak-pihak yang memberikan bantuan dana dan dukungan, 2) dukungan dari bagian dan lembaga, 3) para profesional yang memberikan kontribusi dalam penyusunan laporan.

  9. Daftar pustaka ditulis sesuai aturan penulisan Vancouver. Semua referensi yang digunakan dalam penulisan di daftar pustaka diberi di urut sesuai Abjad. Hanya mencantumkan kepustakaan yang dipakai dan relevan. Sumber rujukan menggunakan  sumber primer seperti artikel penelittian di jurnal ilmiah, laporan penelitian atau prosiding, artikel di buku dari hasil penelitian, situs sejarah, artefak, dan lain-lain yang bersifat karya asli. Perbandingan sumber primer tersebut adalah 80% dibandingkan sumber lainnya dari total daftar pustaka dan berasal dari publikasi 5 tahun terakhir. Jumlah daftar pustaka lebih dari 10 sumber.

  10. Aturan Tambahan:

    • Naskah maksimal 13 halaman dengan spasi satu koma lima, kecuali judul dan abstrak menggunakan spasi satu. Naskah ditulis menggunakan program computer Microsoft Word dengan ukuran page A4. Margin ukuran Moderate. Isi artikel menggunakan format satu kolom.
    • Margin atau batas tulisan dari pinggir kertas 2,5 cm pada keempat sisi.
    • Semua artikel ilmiah dilakukan pengecekan plagiasi menggunakan softwere TURNITIN setelah jurnal mendapat review dari reviewer. Hasil pengecekan plagiarisme melalui software TURNITIN maksimal 30%.
    • Setelah mengirimkan manuscript melalui OJS, penulis juga diharapkan mengkonfirmasi melalui SMS +62 85255332550

Artikel

Sesuai panduan umum penulisan.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.