Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Baji Kamase RSUD Padjonga Dg. Ngalle, Takalar

Authors

  • Abd Natsir Hamzah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari
  • Mukriani Mukriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari

DOI:

https://doi.org/10.58294/jbk.v10i1.14

Keywords:

Kinerja Perawat, Tanggung Jawab, Kepuasan Pasien

Abstract

Kepuasan pasien tercapai bila diperoleh hasil yang optimal bagi setiap klien atau keluarganya. Ada perhatian terhadap keluhan, kondisi lingkungan fisik dan tanggap atas kebutuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Baji Kamase RSUD Labuang Baji Makassar. Metode Penelitian bersifat kuantitatif dengan melakukan pendekatan “cross sectional”. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang berada di ruang rawat inap Baji Kamase RSUD Labuang Baji Makassar, dengan jumlah populasi sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik non-probability dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di olah data menggunakan uji chi-square dengan menggunakan program SPSS. Hasil Penelitian dari kedua variabel yang di teliti, variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Baji Kamase RSUD Labuang Baji Makassar adalah variabel Kerja Sama.

References

Ana (American Nurse Association) 2015. Kode Etik Keperawatan.

Asmadi. 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC

Asmadi. 2008. Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Aplikasi

Asmadi. 2013. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta. EGC

Barbara Kozier. 2014. Peningkatan Kapasitas Kesehatan Dalam Pelayanan. Yogyakarta: Pembaruan

Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Heyman. 2014. Nursing Management. A System Approach. W . B. Suandres Company, Philadelphia.

Kurniati & Ferry E. 2012. Kajian SDM Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Robbins. 2014. Kriteria Menilai Kinerja Organisasi Pelayanan Publik. Bandung, Joyo Wisesa

Soejadi. 2013. Pelayanan Dalam Kepera watan. Salemba Medika : Jakarta.

Wahyuni, dkk. 2013. Hubungan Komunikiasi Dokter – Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat di Poliklinik RSUP DR.M. Djamill Padang. Jurnal kesehatan andalas. Padang: Univeritas Andalas

Published

30-06-2019

How to Cite

Hamzah, A. N., & Mukriani, M. (2019). Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Baji Kamase RSUD Padjonga Dg. Ngalle, Takalar. Jurnal Berita Kesehatan, 10(1). https://doi.org/10.58294/jbk.v10i1.14

Issue

Section

Artikel