Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Baji Kamase RSUD Padjonga Dg. Ngalle, Takalar
DOI:
https://doi.org/10.58294/jbk.v10i1.14Keywords:
Kinerja Perawat, Tanggung Jawab, Kepuasan PasienAbstract
Kepuasan pasien tercapai bila diperoleh hasil yang optimal bagi setiap klien atau keluarganya. Ada perhatian terhadap keluhan, kondisi lingkungan fisik dan tanggap atas kebutuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Baji Kamase RSUD Labuang Baji Makassar. Metode Penelitian bersifat kuantitatif dengan melakukan pendekatan “cross sectional”. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang berada di ruang rawat inap Baji Kamase RSUD Labuang Baji Makassar, dengan jumlah populasi sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik non-probability dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di olah data menggunakan uji chi-square dengan menggunakan program SPSS. Hasil Penelitian dari kedua variabel yang di teliti, variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Baji Kamase RSUD Labuang Baji Makassar adalah variabel Kerja Sama.
References
Ana (American Nurse Association) 2015. Kode Etik Keperawatan.
Asmadi. 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC
Asmadi. 2008. Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Aplikasi
Asmadi. 2013. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta. EGC
Barbara Kozier. 2014. Peningkatan Kapasitas Kesehatan Dalam Pelayanan. Yogyakarta: Pembaruan
Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Heyman. 2014. Nursing Management. A System Approach. W . B. Suandres Company, Philadelphia.
Kurniati & Ferry E. 2012. Kajian SDM Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Robbins. 2014. Kriteria Menilai Kinerja Organisasi Pelayanan Publik. Bandung, Joyo Wisesa
Soejadi. 2013. Pelayanan Dalam Kepera watan. Salemba Medika : Jakarta.
Wahyuni, dkk. 2013. Hubungan Komunikiasi Dokter – Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat di Poliklinik RSUP DR.M. Djamill Padang. Jurnal kesehatan andalas. Padang: Univeritas Andalas
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Muliati Muliati, Nurnainah Nurnainah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.