ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN KEMBALI PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DATU PANCAITANA BONE

Authors

  • Andi Muh. Multazam
  • Ayu Sutra
  • Nurmiati Muchlis

DOI:

https://doi.org/10.58294/jbk.v17i2.185

Keywords:

Kualitas Layanan, Kepuasan, Pasien Rawat Inap: Sumber Daya Manusia

Abstract

Hasil observasi RSUD Datu Pancaitana Bone menemukan adanya penurunan kunjungan pasien rawat
inap dalam 3 bulan terakhir yaitu bulan September, Oktober dan November pada tahun 2023. Masalah
lainnya terkait kualitas pelayanan seperti kurangnya informasi terkait alur pelayanan sehingga pasien
terkadang merasa bingung dengan alur pelayanan. Sistem antrian yang terkadang membuat pasien
komplain karena terkesan kurang professional. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kualitas layanan sumber daya manusia terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Datu Pancaitana
Bone. Jenis penelitian yaitu penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif melalui
survey. Populasi yaitu jumlah rata-rata pasien pada bulan Januari dan Februari tahun 2023 sebanyak
300 pasien. Jumlah sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampiling
didapatkan hasil 171 sampel. Data penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif untuk
univariat dan analisi uji asumsi klasik untuk multivariat. Hasil penelitian menemukan ada pengaruh
kepuasan pasien terhadap minat Kembali pasien (????=0,033) terhadap kepuasan pasien rawat inap di
RSUD Datu Pancaitana Bone. Diharapkan Fasilitas-fasilitas pendukung seperti sarana dan prasarana
khususnya bagi keluarga pasien rawat inap agar tercipta kepuasan dan minat kunjungan kembali di
RSUD Datu Pancaitana Kabupaten Bone.

References

Afrizal, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit Dankepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Pada Loyalitas Pasien.

Dohona, N. N., Kadang, Y., Sintong, H. H., & Tumewu, Y. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Banggai Laut. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6164-6174.

Elfandari, E., Ahri, R. A., & Muchlis, N. (2024). Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Kinerja Pegawai di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar: Organizational Citizenship Behavior (OCB) on Employee Performance at Labuang Baji Hospital Makassar. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(1), 40-44.

Fahrizal, A., & Kantohe, I. (2022). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tomini Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Ilmiah Kesmas-IJ, 22(2), 52-59.

Fajrin, K., & Ahri, R. A. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien di RSUD Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 2(5), 63-71.

Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal’Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21.

Flaviana, B., Karo-Karo, U., & Sigabariang, E. E. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Pasien di Uptd Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjung Balai Tahun 2021. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 5(2), 632-640.

Hariyoko, Y., Jehaut, Y. D., & Susiantoro, A. (2021). Efektivitas pelayanan kesehatan masyarakat oleh puskesmas di kabupaten manggarai. Jurnal Good Governance.

Lalu, S., Sastrawan, S., Sani, S. K., & Tasim, M. (2021). Perbedaan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di Puskemas Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 9(1), 78-83.

Muchlis, N. (2018). Pengembangan Model Intention to Stay Tenaga Perawat Di Rumah Sakit Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Muchlis, N. (2022). Perceived External Prestige: Meta-perception of Nurses and Customers’ Opinion in Hospital, Makassar City. Internasional Journal of Health Sciences, 1169-1176.

Muchlis, N., Amir, H., Cahyani, D. D., Alam, R. I., Landu, N., Mikawati, M., ... & Sinaga, M. R. E. (2022). The cooperative behavior and intention to stay of nursing personnel in healthcare management. Journal of Medicine and Life, 15(10), 1311.

Nasution, I. F. S., Kurniansyah, D., & Priyanti, E. (2021). Analisis pelayanan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 18(4), 527-532.

Putri, R. N. (2018). Pengaruh pelayanan SDM terhadap tingkat kepuasan pasien di pelayanan rawat jalan RS X Jambi (Analisis perbandingan pasien umum dan BPJS). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2), 401-409.

Putri, N. R., Guspianto, G., & Hubaybah, H. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi, 6(2), 7-16.

Razak, A. Y., Hamzah, W., & Muchlis, N. (2024). Pengaruh Proactive Personality Terhadap Job Satisfaction pada Tenaga Kesehatan RSUD Labuang Baji: The Influence of Proactive Personality on Job Satisfaction among Health Workers at Labuang Baji Regional Hospital. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(1), 172-179.

Silalahi, J. Y., Fitriani, A. D., & Megawati, M. (2019). Analisis mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas iii di rumah sakit advent medan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(1), 21-29.

Downloads

Published

25-12-2024

How to Cite

Multazam, A. M., Sutra, A., & Muchlis, N. (2024). ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN KEMBALI PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DATU PANCAITANA BONE. Jurnal Berita Kesehatan, 17(2), 110–122. https://doi.org/10.58294/jbk.v17i2.185