ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN KEMBALI PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DATU PANCAITANA BONE
DOI:
https://doi.org/10.58294/jbk.v17i2.185Keywords:
Kualitas Layanan, Kepuasan, Pasien Rawat Inap: Sumber Daya ManusiaAbstract
Hasil observasi RSUD Datu Pancaitana Bone menemukan adanya penurunan kunjungan pasien rawat
inap dalam 3 bulan terakhir yaitu bulan September, Oktober dan November pada tahun 2023. Masalah
lainnya terkait kualitas pelayanan seperti kurangnya informasi terkait alur pelayanan sehingga pasien
terkadang merasa bingung dengan alur pelayanan. Sistem antrian yang terkadang membuat pasien
komplain karena terkesan kurang professional. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh
kualitas layanan sumber daya manusia terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Datu Pancaitana
Bone. Jenis penelitian yaitu penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif melalui
survey. Populasi yaitu jumlah rata-rata pasien pada bulan Januari dan Februari tahun 2023 sebanyak
300 pasien. Jumlah sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampiling
didapatkan hasil 171 sampel. Data penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif untuk
univariat dan analisi uji asumsi klasik untuk multivariat. Hasil penelitian menemukan ada pengaruh
kepuasan pasien terhadap minat Kembali pasien (????=0,033) terhadap kepuasan pasien rawat inap di
RSUD Datu Pancaitana Bone. Diharapkan Fasilitas-fasilitas pendukung seperti sarana dan prasarana
khususnya bagi keluarga pasien rawat inap agar tercipta kepuasan dan minat kunjungan kembali di
RSUD Datu Pancaitana Kabupaten Bone.
References
Afrizal, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit Dankepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Pada Loyalitas Pasien.
Dohona, N. N., Kadang, Y., Sintong, H. H., & Tumewu, Y. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Banggai Laut. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6164-6174.
Elfandari, E., Ahri, R. A., & Muchlis, N. (2024). Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Kinerja Pegawai di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar: Organizational Citizenship Behavior (OCB) on Employee Performance at Labuang Baji Hospital Makassar. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(1), 40-44.
Fahrizal, A., & Kantohe, I. (2022). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tomini Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Ilmiah Kesmas-IJ, 22(2), 52-59.
Fajrin, K., & Ahri, R. A. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien di RSUD Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 2(5), 63-71.
Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal’Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21.
Flaviana, B., Karo-Karo, U., & Sigabariang, E. E. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Pasien di Uptd Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjung Balai Tahun 2021. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 5(2), 632-640.
Hariyoko, Y., Jehaut, Y. D., & Susiantoro, A. (2021). Efektivitas pelayanan kesehatan masyarakat oleh puskesmas di kabupaten manggarai. Jurnal Good Governance.
Lalu, S., Sastrawan, S., Sani, S. K., & Tasim, M. (2021). Perbedaan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Sebelum dan Sesudah Akreditasi di Puskemas Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 9(1), 78-83.
Muchlis, N. (2018). Pengembangan Model Intention to Stay Tenaga Perawat Di Rumah Sakit Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Muchlis, N. (2022). Perceived External Prestige: Meta-perception of Nurses and Customers’ Opinion in Hospital, Makassar City. Internasional Journal of Health Sciences, 1169-1176.
Muchlis, N., Amir, H., Cahyani, D. D., Alam, R. I., Landu, N., Mikawati, M., ... & Sinaga, M. R. E. (2022). The cooperative behavior and intention to stay of nursing personnel in healthcare management. Journal of Medicine and Life, 15(10), 1311.
Nasution, I. F. S., Kurniansyah, D., & Priyanti, E. (2021). Analisis pelayanan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 18(4), 527-532.
Putri, R. N. (2018). Pengaruh pelayanan SDM terhadap tingkat kepuasan pasien di pelayanan rawat jalan RS X Jambi (Analisis perbandingan pasien umum dan BPJS). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2), 401-409.
Putri, N. R., Guspianto, G., & Hubaybah, H. (2022). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022. Jurnal Kesmas Jambi, 6(2), 7-16.
Razak, A. Y., Hamzah, W., & Muchlis, N. (2024). Pengaruh Proactive Personality Terhadap Job Satisfaction pada Tenaga Kesehatan RSUD Labuang Baji: The Influence of Proactive Personality on Job Satisfaction among Health Workers at Labuang Baji Regional Hospital. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(1), 172-179.
Silalahi, J. Y., Fitriani, A. D., & Megawati, M. (2019). Analisis mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas iii di rumah sakit advent medan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(1), 21-29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Muh. Multazam, Ayu Sutra, Nurmiati Muchlis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.