Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Jumlah Kunjungan Di Poli Gigi Puskesmas Wara Kota Palopo

Authors

  • nasirah Gassing Fakultas Kesehatan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Mega Buana Palopo
  • Muh. ilyas
  • Fredy Chandra
  • Purnomo Purnomo

DOI:

https://doi.org/10.58294/jbk.v17i2.187

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Kualitas pelayanan dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien,karena jika pasien merasa puas dengan kualitas pelayanan maka ia akan berkunjung kembali ke fasyankes dalam hal ini puskesmas. Pengukuran tingkat pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan ditunjukkan dengan besarnya jumlah kunjungan pasien ke puskesmas tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap jumlah kunjungan pasien di poli gigi Puskesmas Wara kota Palopo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif penelitian survei, dengan tipe explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dengan kunjungan pasien di poli gigi puskesmas Wara Kota.Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien gigi yang berkunjung selama 3 bulan yaitu 1201 orang,sedangkan sampel hanya 80 orang,dengan menggunakan rumus slovin. Dari hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kelima aspek kualitas pelayanan yaitu, wujud (tangible),kehandalan (reability),cepat tanggap (responsiveness),kepastian (assurance) dan empati (emphaty) terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan di poli gigi dimana didapatkan nilai p = 0,000 Dari kelima aspek kualitas pelayanan,ada 3 aspek yang tingkat kepuasan pasien dalam penilaian baik yaitu wujud (tangible),cepat tanggap (responsiveness),kepastian (assurance).Sedangkan 2 aspek lainnya yaitu kehandalan (reability) dan empati (emphaty) dalam penilaian kurang baik bagi pasien. Adapun saran untuk penelitian ini sebaiknya semua pihak yang terkait dalam proses pelayanan lebih meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien,agar mereka merasa puas terhadap pelayanan yang mereka dapatkan di puskesmas.

References

Anggita Aprilia AA.” Hubungan antara Mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien poli umum di Puskesmas Kenten Palembang Tahun 2019”. STIK Bina Husada Palembang; 2019.

Darmin D. Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Interna Rsud Kota Kotamobagu. Miracle J. 2021;1(2):29–35.

Direktorat mutu dan akreditasi pelayanan kesehatan (2021) Pedoman Tata Kelola Mutu Di Puskesmas.

Eninurkhayatun B, Suryoputro A, Fatmasari Ey. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. J Kesehat Masy. 2017;5:33–42.

Immelia P Anggraeni R. Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Deepublish; 2019.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2017. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 14. Jilid 3.Erlangga, Jakarta.

Tamrin AS, Rumapea P, Mambo R. Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Kantor PT. Taspen Cabang Manado”. J Adm Publik. 2017;3(046).

Laporan SPM Puskesmas Wara kota Palopo tahun (2019,2020,2021,2022,2023)

Masriah I, Sion O. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Jiwa Melalui Analisis Kinerja Perawat Dengan Metode Balance Scorecard. Inovasi. 2021;8(1):30–41.

Permenkes RI (2019) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Puskemas’, 3(2), pp. 1–9.

Pertiwi, dkk (2019) dengan judul penelitian “Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS dan Pasien Umum terhadap Pelayanan di Faskes Tingkat Pertama Poli Gigi Puskesmas IV Denpasar Selatan”

Peraturan Menteri Kesehatan RI No.43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. 10(Siti 2018), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Sri Astuti (2020) dengan judul “Pengaruh pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sentosa Baru kota Medan”

Sudjadi. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Program Pascasarjana Stie Nobel Indonesia

Downloads

Published

25-12-2024

How to Cite

Gassing, nasirah, ilyas, M., Chandra, F., & Purnomo, P. (2024). Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Dengan Jumlah Kunjungan Di Poli Gigi Puskesmas Wara Kota Palopo. Jurnal Berita Kesehatan, 17(2), 123–141. https://doi.org/10.58294/jbk.v17i2.187