HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT INFEKSI SALURAN NAPAS AKUT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BONTOSIKUYU KAB. KEPULAUAN SELAYAR

Penulis

  • Abubakar Betan STIKES GUNUNG SARI MAKASSAR
  • badaruddin badaruddin Universitas Muslim Indonesia

Kata Kunci:

SIKAP, PENGETAHUAN

Abstrak

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah proses inflamasi yang disebabkan oleh virus, bakteri atipikal (mikoplasma), atau aspirasi substansi asing yang melibatkan semua bagian saluran pernapasan. Saluran pernapasan atas (Jalan napas atas) terdiri dari hidung, faring, laring. Saluran pernapasan bawah terdiri dari bronkus, bronkiolus, dan alveoli. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, dan sikap masyarakat dengan  kerjadian infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada bmasyarakat di wilayah kerja puskesmas Bontosikuyu Kab.Kepulauan Selayar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang memiliki keluarga yang menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada bulan Desember 2017 yang berkunjung ke puskesmas Bontosikuyu, dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 46 responden sesuai dengan kriteria inklusi dengan penentuan sampel menggunakan metode purpossive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, hasil diolah dan dianalisis menggunakan komputer program microsoft excel dan program statistik SPSS dengan uji chi square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Dari hasil bivariat menunjukkan bahwa tingkat pengetahun (ρ = 0,002), dan sikap (ρ = 0,001) sehingga ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan pencegahan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di wilayah kerja puskesmas Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar

Referensi

Ahyu,Ellyne Nicole. 2014. Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Ibu Tentang Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut padaBalita di PuskesmasTamalanrea Kota Makassar.

Akbar,Khairil. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian ISPApada Balita di PuskesmasPulau Sembilan Kab.Sinjai.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan .2009. Profil Kesehatan Sulawesi Selatan 2008 : Makassar. http://sulselprov.go.id/hal-profil-provinsi-sulawesi-selatan.html.

Hidayat,A, Aziz Alimul. 2011. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik AnalisaData.SelembaMedika: Jakarta.

Kemementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2011.Pedoman Pengendalian Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Kementriankesesehatan RI: Jakarta. https://id.scribd.com/doc/211975522/FINAL-DESIGN-PEDOMAN-PENGENDALIAN-ISPA-pdf.

Kementrian Kesehatan Rpublik Indonesia. 2013. Profil Kesehatan Indonesia 2012: Jakarta. http://www.dpkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-pusdatin-profil-kesehatan.html.

Kunoli, Firdaus. 2013.Pengantar Epidemiologi Penyakit Menular. Cetakan Pertama. Trans Info Medika: Jakarta.

Marhamah, Dkk. 2012.Faktor yang Berhubungandengan Kejadian ISPA pada Anak Balita di Desa Bontongan Kabupaten Enrekang .http ://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/4602/marhamah_K11109323.pdf.

Marni.2014. Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Gangguan Pernapasan. Gosyen Publishing: Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Jakarta: Rineka Cipta.

Musdalifah, Rusli. 2014.Kejadian BBLR, Asi Ekslusif dan Imunisasi terhadap InfeksiSaluran Pernafasan Akut pada Balita. http : // library .stikesnh.ac.id/files/disk1/11/elibrary%20stikes%20nani%20hasanuddin--musdalifah-518-1-11144046-x.pdf.

Nurhidayati, Istianna, 2009. Lingkungan Fisik Rumah dengan KejadianPenyakit ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Karangnongko Kabupaten Klaten .http: // jurnal. Stikesmukla .ac.id/index .php/motorik/article/download/45/41. Diakses tanggal 14 Nov 2017.

Nursalam.2014. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.Edisi 3. Salemba Medika: Jakarta.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 2.SelembaMedika: Jakarta.

Wawan, A, Dewi M. 2011. Teori &Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia.Cetakan II.Nuha Medika: Yogyakarta.

Widoyono. 2011. Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan & Pemberantasanya.Edisi Kedua Erlangga: Jakarta.

Diterbitkan

30-06-2022

Cara Mengutip

Betan, A., & badaruddin, badaruddin. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT INFEKSI SALURAN NAPAS AKUT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BONTOSIKUYU KAB. KEPULAUAN SELAYAR. Jurnal Berita Kesehatan, 15(1). Diambil dari https://ojs.stikes.gunungsari.id/index.php/JBK/article/view/70

Terbitan

Bagian

Artikel