Hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak kelas IV dan V di SD Gamaliel Makassar
DOI:
https://doi.org/10.58294/jbk.v10i1.11Keywords:
gadget, ketajaman penglihatanAbstract
Di Indonesia, baik di kalangan anak-anak maupun dewasa, salah satu penyebab penurunan ketajaman mata adalah penggunaa gadget yang digunakan secara berlebihan. Kemajuan teknologi membuat perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada anak kelas IV dan V Di SD Gamaliel Makassar Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu murid yang menggunakan gadget pada kelas IV dan V di SD Gamaliel Makassar yang berjumlah 35 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Instrument pengumpulan data menggunkan kuesioner dan observasi menggunakan snellen chart yang diolah menggunakan uji chi-squer dengan menggunakan program SPPSS. Hasil Penelitian dari uji statistik chi square yang menunjukkan nilai yang signifikan sebesar 0.000. dimana nilai p (0.000) < dari nilai α (0.05) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada murid kelas IV dan V di SD Gamaliel Makassar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan gadget berhubungan dengan ketajaman penglihatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jira Jira, Mahyudin Mahyudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.