Pengaruh Edukasi Dengan Media Papan Pintar Misipunga(Misi Penuh Gizi Anti Anemia) Terhadap Pengetahuan Anemia Siswi SD
DOI:
https://doi.org/10.58294/jbk.v18i1.239Keywords:
Anemia, Edukasi, Siswi Sekolah DasarAbstract
Anemia adalah kondisi yang ditandai dengan menurunnnya konsentrasi sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. anemia gizi besi dapat disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi dan konsumsi makanan penghambat penyerapan zat besi, serta penyakit infeksi. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh edukasi dengan media papan pintar misi penuh gizi (Misipunga) anti anemia terhadap pengetahuan anemia siswi Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Kelapa Tiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre experiment one group pre test – post test design dengan menggunakan pre test sebelum diberi edukasi Misipunga kepada siswi sekolah dasar dan post test dilakukan setelah diberi edukasi Misipunga kepada siswi sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Analisis data mengunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Wilcoxon karena data berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa edukasi dengan media Misipunga kepada siswa sekolah dasar berpengaruh pada peningkatan pengetahuan anemia siswa Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Kota Makassar. Saran dari kegiatan ini yaitu, petugas kesehatan ataupun unit kesehatan sekolah dapat menggunakan metode edukasi Misipunga kepada siswi sekolah dasar untuk meningkatakan pengetahuan pencegaahan anemia.
References
Ariana, R., & Fajar, N. A. (2024). Analisis Faktor Risiko Kejadian Anemia pada Remaja Putri: Literatur Review. Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health), 10(1), 133–140. https://doi.org/10.25311/keskom.vol10.iss1.1403
Az-zahra, K., & Kurniasari, R. (2022). Efektivitas Pemberian Media Edukasi Gizi yang Menarik dan Inovatif terhadap Pencegahan Anemia kepada Remaja Putri : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(6), 618–627. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i6.2293
Budiyatri, R., Anjani, G., Legowo, A. M., Syauqy, A., & Limijadi, E. K. S. (2024). Pengaruh pemberian Dadih untuk pencegahan anemia defisiensi besi pada remaja putri 12-15 tahun. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 9(1), 91–99. https://doi.org/10.30867/action.v9i1.1527
da Silva Lopes, K., Yamaji, N., Rahman, M. O., Suto, M., Takemoto, Y., Garcia-Casal, M. N., & Ota, E. (2021). Nutrition-specific interventions for preventing and controlling anaemia throughout the life cycle: an overview of systematic reviews. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2021(9). https://doi.org/10.1002/14651858.CD013092.pub2
Djaafar, T., Amsal, & Novarianti. (2024). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita Dengan Media Leaflet Tentang Stunting I. Jurnal Promotif Preventif, 7(2), 205–210. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP
Huriah, T., Yuniarti, F. A., & Hazariah, S. (2023). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Deteksi Anemia dan Edukasi Gizi untuk Mencegah Stunting pada Anak Usia Sekolah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 372–379. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde
Jusriani, R., Syarfaini, Zulfitrawati, & Syahrir, S. (2024). Asupan Fe, Perilaku Jajan Anak, dan Pengetahuan Ibu terhadap Kejadian Anemia pada Anak Sekolah di Wilayah Pesisir. Jurnal Promotif Preventif, 7(3), 553–561. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/JPP
Nadia, Ludiana, & Dewi, T. K. (2022). Penerapan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Pada Kehamilan Diwilayah Kerja Puskesmas Yosomulyo Metro Tahun 2021. Jurnal Cendikia Muda, 2(3), 359–366.
Nurjanah, A., & Azinar, M. (2023). Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Remaja Putri pada Sekolah Percontohan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 7(2), 244–254. https://doi.org/10.15294/higeia.v7i2.64227
Nuryana, H., Rachmawati, E., Khusun, H., Mulyawati, D. A., & Lestari, H. (2025). Efektifitas Buku Saku Digital untuk Transformasi Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang Pencegahan Anemia. Amerta Nutrition, 9(1), 161–168. https://doi.org/10.20473/amnt.v9i1.2025.161-168
Rahmiwati, A., Djokosujono, K., Krianto, T., Utari, D. M., Djuwita, R., & Utama, F. (2023). Nutrition Education Effect on Anemia Incidence in Female Adolescents: Meta-Analysis for Future Health Post-COVID-19 Pandemic. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 18(1), 55–60. https://doi.org/10.21109/kesmas.v18isp1.6998
Sari, J. I., Orno, T. G., & Hasan, F. E. (2023). Skrining Anemia Melalui Pemeriksaan Laboratorium Pada Masyarakat Pesisir Desa Mekar Kecamatan Soropia. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.30598/pakem.3.1.7-12
Sasoko, D. M., & Mahrudi, I. (2023). Teknik Analisis SWOT Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan. Jurnal Perspektif-Jayabaya Journal of Public Administration, 22(1), 8–19.
Thaslifa, Rahim, A., & Haryanti, E. (2022). Analisa Kejadian Anemia Defisiensi Besi Pada Anak Usia Dini Berdasarkan Formula Indeks Mentzer. Journal of Health Education and Literacy, 4(2), 111–115. https://doi.org/10.31605/j-healt.v4i2.1447
Widiana, U., Solikah, M. P., & Astuti, T. D. (2024). Literature review : perbandingan persentase anemia akibat infeksi cacing soil transmitted helminths pada anak SD dan SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 1392–1397.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Malik Asikin, Nurfaidah Nurfaidah, Andi Muhammad Dzulkifli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.






