Tingkat Kepuasan Mahasiswa Kebidanan Terhadap Try Out Uji Kompetensi Berbasis Web

Authors

  • Rachmi Nurul Hidayat Hafid
  • Feby Purnamasari DIII Kebidanan, STIKes Salewangang Maros
  • Aisyah Vitariani DIII Kebidanan, STIKes Salewangang Maros

DOI:

https://doi.org/10.58294/jbk.v14i1.47

Keywords:

berat badan lahir, ruptur perineum, primigravida

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa kebidanan terhadap try out uji kompetensi (UKOM) berbasis web. Penelitian memiliki dua tahapan yakni metode research and development (R&D) dan pre eksperimen dengan desain one group pre test and post test. Metode R&D dimulai dengan analisis kebutuhan dan pengembangan produk. Selanjutnya validasi oleh dua ahli media, dua ahli materi dan 10 mahasiswa untuk menilai kelayakan aplikasi skala kecil, 45 mahasiswa untuk skala besar dan penilaian tingkat kepuasan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar pada November 2020. Hasil penelitian: (1) Diperlukan aplikasi try out UKOM berbasis web untuk mahasiswa kebidanan. (2) Desain dan komponen aplikasi dibuat lebih menarik dan lengkap. (3) Validasi dari ahli media rata-rata 87,9% dan ahli materi rata-rata 94% menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. (4) Uji coba lapangan skala kecil dengan nilai rata-rata 95,1% menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. (5) Uji coba lapangan skala besar dengan nilai rata-rata 92,1% menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. (6) Tingkat kepuasan pengguna terhadap try out uji kompetensi berbasis web sebesar 88,9% dan uji statistik mendapati p-value 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa kebidanan sangat puas terhadap try out uji kompetensi berbasis web.

References

Ammenwerth, E. (2019). Technology Acceptance Models in Health Informatics: TAM and UTAUT. Studies in health technology and informatics, 263, 64-71.

Bartram, D. (2005). The Great Eight competencies: a criterion-centric approach to validation. Journal of applied psychology, 90(6), 1185.

Bartram, D., Robertson, I. T., & Callinan, M. (2002). Introduction: A framework for examining organizational effectiveness. Organizational effectiveness: The role of psychology, 1-10.

Chiu, C. M., & Wang, E. T. (2008). Understanding Web-based learning continuance intention: The role of subjective task value. Information & Management, 45(3), 194-201.

Dochy, F., Segers, M., Van den Bossche, P., & Gijbels, D. (2003). Effects of problem-based learning: A metaanalysis. Learning and instruction, 13(5), 533-568. Dodd, A. Z. (2012) Praise Essential Guide to Telecommunications. Fifth Edit. United States of America: Prentice Hall.

Ginaya, G., Kanca, I. N., & Astuti, N. N. S. (2020). Designing problem-based learning (PBL) model for tourism vocational education in 4. O industry. International journal of linguistics, literature and culture, 6(1), 14-23.

Harvey, S., Rach, D., Stainton, M. C., Jarrell, J., & Brant, R. (2002). Evaluation of satisfaction with midwifery care. Midwifery, 18(4), 260-267.

Kemenkes (2013) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Registrasi Tenaga Kesehatan’, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, pp. 1–18.

Kemenristekdikti (2016) ‘Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016 Tetang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan’, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, pp. 1–7.

Kemenristekdikti (2020) No Title, Registrasi Online Uji Kompetensi D3 Kebidanan.

Koordinator Wilayah Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) Sulselbar (2020) ‘Rekapan Hasil Uji Kompetensi Kebidanan’. Makassar, pp. 1–8.

Maulana, M. S., Khairuzzaman, M. Q. and Nasihin, M. (2018) ‘Aplikasi Web Tryout Uji Kompetensi Kebidanan Berbasis Intranet’, Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 4(2), pp. 156–162.

Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., & Saragih, S. L. (2020). Evaluate the Implementation of Educational Curriculum and Lecturer’s Knowledge About the Blueprint to the UKNI’s Graduation Rate in South Sulawesi. Int. J. Psychosoc. Rehabil, 24(08), 14709-14719.

Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., Ahmar, H., & Khalid, N. (2019). Gambaran Strategi Program Studi Keperawatan Untuk Meningkatkan Kelulusan Mahasiswa Dalam Uji Kompetensi: Literatur Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(2).

Pallant, J. F., Dixon, L., Sidebotham, M., & Fenwick, J. (2015). Further validation of the perceptions of empowerment in midwifery scale. Midwifery, 31(10), 941-945.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., De Jong, T., Van Riesen, S. A., Kamp, E. T., ... & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational research review, 14, 47-61.

Prasetya, M. A. (2015) ‘E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning’, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), pp. 319–338.

Presiden, R. I. (2020) ‘Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Sebagai Bencana Nasional’, Presiden Republik Indonesia, (01), pp. 1–3.

Priyambodo, E. and Antuni, W. (2017) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa’, 42, pp. 99–109

Sari, H. V. and Suswanto, H. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan’, V, pp. 1008–1016.

Udayanti, E. D. and Nugroho, F. . (2018) ‘Analisa Minat Penggunaan Aplikasi Tinggi Badan e-Scoring dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)’, Edu Komputika Journal, 5(1), pp. 1–12.

Van den Boom, G., Paas, F., Van Merrienboer, J. J., & Van Gog, T. (2004). Reflection prompts and tutor feedback in a web-based learning environment: Effects on students' self-regulated learning competence. Computers in Human Behavior, 20(4), 551-567.

Wesselink, R., & Wals, A. E. (2011). Developing competence profiles for educators in environmental education organisations in the Netherlands. Environmental Education Research, 17(1), 69-90.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Hafid, R. N. H. ., Purnamasari, F. ., & Vitariani, A. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Kebidanan Terhadap Try Out Uji Kompetensi Berbasis Web. Jurnal Berita Kesehatan, 14(1). https://doi.org/10.58294/jbk.v14i1.47

Issue

Section

Artikel