Tingkat Kepuasan Mahasiswa Kebidanan Terhadap Try Out Uji Kompetensi Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.58294/jbk.v14i1.47Keywords:
berat badan lahir, ruptur perineum, primigravidaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa kebidanan terhadap try out uji kompetensi (UKOM) berbasis web. Penelitian memiliki dua tahapan yakni metode research and development (R&D) dan pre eksperimen dengan desain one group pre test and post test. Metode R&D dimulai dengan analisis kebutuhan dan pengembangan produk. Selanjutnya validasi oleh dua ahli media, dua ahli materi dan 10 mahasiswa untuk menilai kelayakan aplikasi skala kecil, 45 mahasiswa untuk skala besar dan penilaian tingkat kepuasan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar pada November 2020. Hasil penelitian: (1) Diperlukan aplikasi try out UKOM berbasis web untuk mahasiswa kebidanan. (2) Desain dan komponen aplikasi dibuat lebih menarik dan lengkap. (3) Validasi dari ahli media rata-rata 87,9% dan ahli materi rata-rata 94% menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. (4) Uji coba lapangan skala kecil dengan nilai rata-rata 95,1% menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. (5) Uji coba lapangan skala besar dengan nilai rata-rata 92,1% menunjukkan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. (6) Tingkat kepuasan pengguna terhadap try out uji kompetensi berbasis web sebesar 88,9% dan uji statistik mendapati p-value 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa kebidanan sangat puas terhadap try out uji kompetensi berbasis web.
References
Ammenwerth, E. (2019). Technology Acceptance Models in Health Informatics: TAM and UTAUT. Studies in health technology and informatics, 263, 64-71.
Bartram, D. (2005). The Great Eight competencies: a criterion-centric approach to validation. Journal of applied psychology, 90(6), 1185.
Bartram, D., Robertson, I. T., & Callinan, M. (2002). Introduction: A framework for examining organizational effectiveness. Organizational effectiveness: The role of psychology, 1-10.
Chiu, C. M., & Wang, E. T. (2008). Understanding Web-based learning continuance intention: The role of subjective task value. Information & Management, 45(3), 194-201.
Dochy, F., Segers, M., Van den Bossche, P., & Gijbels, D. (2003). Effects of problem-based learning: A metaanalysis. Learning and instruction, 13(5), 533-568. Dodd, A. Z. (2012) Praise Essential Guide to Telecommunications. Fifth Edit. United States of America: Prentice Hall.
Ginaya, G., Kanca, I. N., & Astuti, N. N. S. (2020). Designing problem-based learning (PBL) model for tourism vocational education in 4. O industry. International journal of linguistics, literature and culture, 6(1), 14-23.
Harvey, S., Rach, D., Stainton, M. C., Jarrell, J., & Brant, R. (2002). Evaluation of satisfaction with midwifery care. Midwifery, 18(4), 260-267.
Kemenkes (2013) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Registrasi Tenaga Kesehatan’, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, pp. 1–18.
Kemenristekdikti (2016) ‘Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016 Tetang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan’, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, pp. 1–7.
Kemenristekdikti (2020) No Title, Registrasi Online Uji Kompetensi D3 Kebidanan.
Koordinator Wilayah Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) Sulselbar (2020) ‘Rekapan Hasil Uji Kompetensi Kebidanan’. Makassar, pp. 1–8.
Maulana, M. S., Khairuzzaman, M. Q. and Nasihin, M. (2018) ‘Aplikasi Web Tryout Uji Kompetensi Kebidanan Berbasis Intranet’, Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 4(2), pp. 156–162.
Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., & Saragih, S. L. (2020). Evaluate the Implementation of Educational Curriculum and Lecturer’s Knowledge About the Blueprint to the UKNI’s Graduation Rate in South Sulawesi. Int. J. Psychosoc. Rehabil, 24(08), 14709-14719.
Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., Ahmar, H., & Khalid, N. (2019). Gambaran Strategi Program Studi Keperawatan Untuk Meningkatkan Kelulusan Mahasiswa Dalam Uji Kompetensi: Literatur Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(2).
Pallant, J. F., Dixon, L., Sidebotham, M., & Fenwick, J. (2015). Further validation of the perceptions of empowerment in midwifery scale. Midwifery, 31(10), 941-945.
Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., De Jong, T., Van Riesen, S. A., Kamp, E. T., ... & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational research review, 14, 47-61.
Prasetya, M. A. (2015) ‘E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning’, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), pp. 319–338.
Presiden, R. I. (2020) ‘Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Sebagai Bencana Nasional’, Presiden Republik Indonesia, (01), pp. 1–3.
Priyambodo, E. and Antuni, W. (2017) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa’, 42, pp. 99–109
Sari, H. V. and Suswanto, H. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan’, V, pp. 1008–1016.
Udayanti, E. D. and Nugroho, F. . (2018) ‘Analisa Minat Penggunaan Aplikasi Tinggi Badan e-Scoring dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)’, Edu Komputika Journal, 5(1), pp. 1–12.
Van den Boom, G., Paas, F., Van Merrienboer, J. J., & Van Gog, T. (2004). Reflection prompts and tutor feedback in a web-based learning environment: Effects on students' self-regulated learning competence. Computers in Human Behavior, 20(4), 551-567.
Wesselink, R., & Wals, A. E. (2011). Developing competence profiles for educators in environmental education organisations in the Netherlands. Environmental Education Research, 17(1), 69-90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rachmi Nurul Hidayat Hafid, Feby Purnamasari, Aisyah Vitariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi Creative Commons CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.