Faktor yang memengaruhi perilaku perawat didalam komunikasi terapeutik pada pasien halusinasi pendengaran di Ruangan Seruni di RS TK II Pelamonia Makassar

Authors

  • admin LP2M Program Studi Profesi Ners, STIKES Yapik
  • Abdullah Abdullah Program Studi S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Gunung Sari Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58294/jbk.v10i1.10

Keywords:

pendidikan, pengetahuan, pengalaman kerja, halunisasi pendengaran

Abstract

Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional study di mana pengukuran atau observasi data yang menjelaskan hubungan antara variabel bebas (independent variable) dengan variabel terikat (dependent variable) di mana penelitian melakukan pengukuran atau pengamatan terhadap responden dalam waktu yang bersamaan. Hasil penelitian menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pendidikan dengan perilaku perawat dalam komunikasi terapeutik pada pasien halusinasi pendengaran dan ada pengaruh pengalaman kerja dengan perilaku perawat dalam komunikasi terapeutik pada pasien halusinasi pendengaran. Simpulan dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa ada pengaruh faktor pendidikan, pengetahuan, dan pengalam kerja dengan perilaku perawat dalam komunikasi terapeutik pada pasien halusinasi pendengaran di Ruangan Seruni di RS TK II Pelamonia Makassar.

Published

30-06-2019

How to Cite

Haerul, H., & Abdullah, A. (2019). Faktor yang memengaruhi perilaku perawat didalam komunikasi terapeutik pada pasien halusinasi pendengaran di Ruangan Seruni di RS TK II Pelamonia Makassar. Jurnal Berita Kesehatan, 10(1). https://doi.org/10.58294/jbk.v10i1.10

Issue

Section

Artikel