HUBUNGAN POLA PEMBERIAN SUSU FORMULA MENGGUNAKAN BOTOL SUSU DENGAN RISIKO TERJADINYA KARIES GIGI PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BONTORAMBA

Authors

  • Hilmiah Hilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari
  • Sri Wahyuni bahrum Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari
  • Putri Ayu Puskesmas Bontoramba Kabupaten Jeneponto
  • Sitti Hardiyanti S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Sari

Keywords:

susu formula , karies

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang :Karies gigi pada anak harus mendapatkan penanganan yang tepat, karena jika tidak maka akan dapat menimbulkan rasa nyeri, gigi tanggal sebelum waktunya, infeksi berbahaya, bahkan mempengaruhi pertumbuhan gigi dewasa (gigi permanen) pada anak.

Tujuan Penelitian :Untuk mengetahui hubungan antara pola pemberiansusu formula menggunakan botol susu dengan resiko karies gigi pada anak

Metode :Jenis penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Untuk menentukan hubungan antara variabel independen dan variabel dependen dengan menggunakan penggukuran secara bersama, jumlah populasi 39 orang, pengambilan sampel penelitian ini menggunakan tehnik total sampling sehingga di dapatkan hasil 39 responden, alat ukur penggukuran data menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama konsumsi dengan karies gigi diperoleh nilai p-Value = 0,019 (α<0,05) dan frekuensi konsumsi dengan karies gigi diperoleh nilai p-Value = 0,035 (α<0,05).

Kesimpulan: tada hubungan antara lama konsumsi dan frekuensi konsumsi dengan terjadinya karies gigi pada anak di wilayah kerja Puskesmas Bontoramba.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ani. (2016). Pengaruh pemberian susu formula menggunakan botol susu (dot) terhadap terjadinya rampan karies pada anak prasekolah di kelurahan Pabelan (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016).

Efendi, R., Lunardhi, C.G.J,.& Rukmo, M. (2016). Kerusakan gigi pasca perawatan endodontik.

Fazrin, I., et. Al. (2017). Mengembangkan Intelegensi Quotient (IQ) pada anak prasekolah dengan stimulasi keluarga dan pendidikan anak usia dini.

Ghaitsa, Widodo, Adhani, R. (2017). Perbandingan indeks karies antara anak yang mengknsumsi susu botol dengan tanpa botol usia 2-5 tahun, oleh : universitas lambung mangkurat. Dentino (Jurnal Kedokteran Gigi),II(2), 206-209.

Hidayat, R. & Tandiari, A. (2016). Kesehatan gigi &mulut : apa yang sebaiknya anda tahu?.

Izzaty, R. E. (2017). Perilaku anak prasekolah : Masalah dan cara menghadapinya.

Jingga, E., Setyawan, H., & Yuliawati, S. (2019). Hubungan pola pemberian susu formula dengan terjadinya Early Childhood Caries (ECC) pada anak prasekolah di TK IslaM Diponegoro Kota Semarang. Jurnal kesehatan masyarakat (e-journal),7(1), 132.

Kyle, T. & Carman, S. (2015). Buku ajar keperawatan pediatri. (edisi kedua). Jakarta, Indonesia : EGC.

Lesmana, B. (2019, Mei 02). Inilah 5 dampak buruk gigi berlubang pada anak-anak.

Lestari, T. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan karies pada anak di SD Negeri 1 rongga-rongga kecamatan gajah putih kab. Bener meriah tahun 2019(Skripsi, Universitas Muhammadiyah Aceh, 2019).

Lombo, A., Mayulu, N., & Gunawan, P. (2015). Status karies anak usia prasekolah Citra Kasih yang mengkonsumsi susu formula(Skripsi, Universitas Sam Ratulangi Manado, 2015).

Nurazizah. (2017). Pengetahuan ibu tentang efek pemberian susu formula pada bayi usia di bawah 6 bulan di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang (Skripsi, Universitas Muhammdiyah Semarang, 2017).

Permatasari, D.(2015). Hubungan Usia Penyapihan dan Pola Konsumsi Susu Formula Dengan Terjadinya Karies Gigi Pada Anak Balita di Desa Mranggen Sukoharjo.(Electronic Theses & Dissertastions,

Sri Wahyuni Bahrum. 2021. Panduan Penulisan Skripsi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKE Gunung Sari.

Supartini, Y. (2014). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta, Indonesia : EGC.

Susanto, F. (2019). Hubungan pemakaian botol susu untuk konsumsi susu formula dengan terjadinya karies gigi anak balita (Skripsi, Universitas Sebelas Maret, 2019).

Syamsuni, H.R. (2019). Statistik dan metodologi penelitian dengan implementasi pembelajaran android.

WHO (World Health Organization). 2018. Oral Health.

Yundari, N. I. (2018). Pengetahuan ibu tentang nursing bottle caries dan gambaran nursing bottle caries pada anak TK Budhi IVMengwitani (Skripisi, Poltekkes Kemenkes Denpasar, 2018).

Zuniawati, D. (2019). Mengenal lebih dekat karies gigi

Published

30-12-2021

How to Cite

Hilmiah, H., bahrum, S. W., Ayu, P., & Hardiyanti, S. (2021). HUBUNGAN POLA PEMBERIAN SUSU FORMULA MENGGUNAKAN BOTOL SUSU DENGAN RISIKO TERJADINYA KARIES GIGI PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BONTORAMBA. Jurnal Berita Kesehatan, 14(2). Retrieved from https://ojs.stikes.gunungsari.id/index.php/JBK/article/view/66