Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Praktik Pemberian MP-ASI Terhadap Status Gizi Usia 6-24 Bulan Di Puskesmas Anggeraja

Authors

  • Herlianty Herlianty
  • Hijrawati Hijrawati
  • Ni Ketut Sumidawati
  • Sri Wahyuni Bahrum
  • Hijrah Hijrah
  • Santika Santika

DOI:

https://doi.org/10.58294/jbk.v18i1.249

Keywords:

MP-ASI, Status Gizi, Pemberian MP-ASI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pemberian MP-ASI dengan status gizi anak di wilayah kerja Puskesmas Anggeraja Kabupaten Enrekang pada tahun 2025. Metode yang digunakan adalah analisis bivariat dengan uji Chi-Square untuk melihat hubungan antara variabel pengetahuan MP-ASI, praktik pemberian MP-ASI,  frekuensi,  variasi,  porsi,  dan  tekstur  pemberian  MP-ASI  dengan  status gizi anak. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  tidak  terdapat  hubungan signifikan  antara  pengetahuan  MP-ASI  dan  status  gizi  (p-value  0.5),  serta  antara waktu  pemberian  MP-ASI  dengan  status  gizi  (p-value  0.576).  Namun,  terdapat hubungan signifikan antara frekuensi pemberian MP-ASI (p-value 0.01) dan porsi pemberian MP-ASI (p-value 0.01) dengan status gizi anak, di mana pemberian MP- ASI  sesuai  standar  berhubungan  dengan  status  gizi  yang  lebih  baik.  Sebaliknya, variasi  dan  tekstur  pemberian  MP-ASI  tidak  menunjukkan  hubungan  signifikan dengan status gizi (p-value 0.873). Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk peningkatan  program  edukasi  mengenai  pemberian  MP-ASI  di  masyarakat  serta perbaikan kebijakan kesehatan anak usia 6 -24 bulan.

References

Andarwati, S. (2024). Pengaruh Status Pekerjaan Ibu Terhadap Status Gizi Bayi. Jurnal Gizi Indonesia,

(1), 32-40.

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Benyamin S. Bloom, Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2022). Taxonomy of Educational

Objectives: The Classification of Educational Goals. Pearson Education.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. (2023). Laporan Status Gizi Balita Sulawesi Selatan.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Florence, D. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Seseorang dalam Pemberian

Makanan Sehat untuk Anak. Jurnal Nutrisi Anak, 18(4), 159-168.

Haryanti, N., & Lestari, A. (2023). Efektivitas Program Edukasi MP-ASI terhadap Status Gizi

Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Pendidikan Gizi dan Kesehatan, 21(2), 201-208.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pemberian Makanan Pendamping ASI dan Status

Gizi Anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Kesehatan Ibu dan Anak.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Laporan Status Gizi Anak Balita di Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kurniawati, L., & Munir, T. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemberian MP-ASI dan

Status Gizi Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 12(3), 188-195.

Marmi, L. (2015). Perkembangan Bayi dan Balita: Peran Nutrisi dalam Tumbuh Kembang Anak.

Jakarta: Akademika Pressindo.

Marmi, S. (2015). Tahapan Perkembangan Bayi dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasution, M. H., & Sari, D. (2022). Pemberian MP-ASI pada Bayi Usia 6- 24 Bulan dan Dampaknya

terhadap Status Gizi. Jurnal Gizi Indonesia, 23(1), 58- 64.

Poltekkes Kemenkes Bandung. (2021). Panduan Tumbuh Kembang Anak: Fokus pada Nutrisi dan

Kesehatan Bayi. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung.

Poltekkes Kemenkes Bandung. (2021). Panduan Kesehatan Anak dan Bayi. Bandung: Poltekkes

Kemenkes Bandung.

Pratiwi, A., & Adi, P. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang MP-ASI dengan Pemberian

Makanan pada Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Kesehatan Gizi, 13(1), 75-82.

Ramadhani, I., Lestari, Y., & Hidayati, F. (2023). Peran Pengetahuan Ibu dalam Pemberian MP-ASI

untuk Mengurangi Stunting pada Bayi. Jurnal Gizi dan Kesehatan Masyarakat, 19(4), 320-328.

Setiawan, A., et al. (2019). Influence of Maternal Education and Knowledge on the Implementation of

Complementary Feeding in Semarang, Indonesia. Public Health Research and Practice, 29(2), 87-94.

Setyowati, D., Purwanti, A., & Adi, R. (2021). Praktek Pemberian MP-ASI di Kota Jakarta dan

Pengaruhnya terhadap Status Gizi Bayi. Jurnal Kesehatan Jakarta, 18(2), 112-118.

Sulaiman, S., Kurnia, M., & Hartati, R. (2022). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang MP-ASI dan

Pertumbuhan Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Gizi dan Kesehatan Anak, 14(1), 97-103.

Titaley, C. R., et al. (2020). The Impact of Maternal Knowledge on Infant Feeding Practices and

Nutritional Status in Rural Indonesia. Journal of Tropical Pediatrics, 66(5), 462-468.

UNICEF. (2022). The State of the World's Children: Early Nutrition and Growth. United Nations

Children’s Fund.

Ventura, A. K., et al. (2017). Dietary Fat and Its Role in Child Development and Health. International

Journal of Nutrition and Obesity, 5(4), 115-124.

Wijayanti, N., Sari, R. T., & Putri, A. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang MP-ASI dengan

Status Gizi Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2), 142-149.

World Health Organization (WHO). (2021). Global Nutrition Report: Malnutrition in Early

Childhood and Its Impact on Health. World Health Organization.

Yusra, H., & Ramadhani, D. (2021). Determinants of Maternal Knowledge and Practices on

Complementary Feeding in Urban and Rural Areas. International Journal of Child Nutrition, 8(1)

Downloads

Published

04-06-2025

How to Cite

Herlianty, H., Hijrawati, H., Sumidawati, N. K., Bahrum, S. W., Hijrah, H., & Santika, S. (2025). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Praktik Pemberian MP-ASI Terhadap Status Gizi Usia 6-24 Bulan Di Puskesmas Anggeraja. Jurnal Berita Kesehatan, 18(1), 26–39. https://doi.org/10.58294/jbk.v18i1.249

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.