STUDI KASUS ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DENGAN NYERI PUNGGUNG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANREAPI

Penulis

  • Sry Wahyuni Sry STIKES Bina Generasi Polewali Mandar
  • Niar Niar Program Studi D3 Kebidanan, STIKES Bina Generasi Polewali Mandar
  • Maskia Maskia 3Program Studi D3 Kebidanan, STIKES Bina Generasi Polewali Mandar

Kata Kunci:

primigravida, trimester III, nyeri punggung, senam hamil

Abstrak

Berbagai masalah yang timbul pada kehamilan trimester II dan III merupakan masalah psikologis sering dikeluhkan pada ibu hamil, seperti kecemasan dan nyeri. Diantara keluhan tersebut, nyeri punggung bawah yang paling umum dilaporkan, terjadi pada 60%-90% ibu hamil, dan salah satu penyebab angka kejadian persalinan sesar. Nyeri punggung bawah (Low Back Pain) adalah suatu sindroma nyeri yang terjadi pada punggung bagian bawah sebagai akibat dari pengaruh gravitasi tubuh yang berpindah ke depan, gangguan ini ditemukan pada ibu hamil. Tujuan studi kasus untuk melakukan asuhan kebidanan pada Ibu Hamil Ny A Primigravida dengan Nyeri Punggung di Puskesmas Anreapi. Metode studi kasus menggunakan pendekatan Studi kasus asuhan kebidanan yaitu SOAP (Subjktif Objektif Analisa Penatalaksanaan) pada Ny A primigravida tanggal 1 Juli - 10 Juli 2021 . Hasil Asuhan Kebidanan yaitu asuhan yang dilakukan pada Ny A “G1 P0 A0, Gestasi 37 minggu 2 hari, dengan Nyeri punggung yaitu cara memposisikan tidur miring kiri, rajin melakukan senam hamil 2 kali seminggu dan komprs hangat dapat mengurangi nyeri punggung ibu hamil. Simpulkan bahwa Asuhan kebidanan dilaksanakan pendekatan dengan pendokumentasian SOAP tidak ditemukan kesenjangan pada data Subjektif dan objektif, pada akhirnya data terkumpul dapat disimpulkan analisa dan penatalaksanaan sejalan teori. Diharapkan penyedia layanan kesehatan melampirkan brosur kehamilan dan penyuluhan ataupun sosialisasi tentang fisiologis kehamilan dan upaya dalam menangani ketidaknyamanan yang dialami yang akan terjadi..

Referensi

Amalia, A. R., Erika, E., & Dewi, A. P. (2020). Efektivitas Kompres Hangat terhadap Intensitas Nyeri Punggung pada Ibu Hamil Trimester III. Holistic Nursing and Health Science, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.14710/hnhs.3.1.2020.24-31

Dewi, P. K., Patimah, S., & Khairiyah, I. (2018). Pengaruh relaksasi otot progresif terhadap penurunan nyeri punggung bagian bawah ibu hamil trimester III. 4(02), 16–24.

Hidayati, U. (n.d.). nyeri punggung bawah pada ibu hamil.pdf.

Lilis, D. N. (2019). Pengaruh Senam Hamil Terhadap Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester III. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 3(2), 40–45.

Megasari, M. (2015). Hubungan Senam Hamil dengan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Kesehatan Komunitas, 3(1), 17–20. https://doi.org/10.25311/jkk.vol3.iss1.95

Purnamasari, K. D. (2019). Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester II Dan III. Journal of Midwifery and Public Health, 1(1), 9. https://doi.org/10.25157/jmph.v1i1.2000

Rejeki, S. T., & Fitriani, Y. (2019). Pengaruh Yoga Prenatal Terhadap Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester II Dan III Di Lia Azzahra Mom & Baby. 3(2), 67–72.

Ruliati Studi, T., Pmb, D. I., Suryawati, L., Kabupaten, M. K., Sst, S., & Jombang, M. K. D. (2019). PENANGANAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER ( Handling Of Back Pain In Pregnant Trimester Third Study At PMB Lilis STIKes Insan Cendekia Jombang , Jawa Timur . PENDAHULUAN Masa kehamilan merupakan hasil pertemuan antara sel telur dengan spermatozoa. 4(1), 11–20.

Sri Sartika, Nasution, I., & Napitupulu, M. (2020). Pengaruh Prenatal Yoga Terhadap Ketidaknyamanan Pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Pargarutan Tahun 2020. 5(2), 47–53.

Diterbitkan

30-06-2022

Cara Mengutip

Sry, S. W., Niar, N., & Maskia, M. (2022). STUDI KASUS ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DENGAN NYERI PUNGGUNG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANREAPI. Jurnal Berita Kesehatan, 15(1). Diambil dari https://ojs.stikes.gunungsari.id/index.php/JBK/article/view/71

Terbitan

Bagian

Artikel